Rugi Ada Sebabnya Sukses Ada Caranya

Sumber gambar: orifword.com

RUGI atau untung di dalam dunia bisnis adalah hal yang biasa. Namun secara umum tidak ada pengusaha yang bercita-cita untuk rugi. Selalu ingin untung. Namun kenyataannya, banyak juga para pengusaha yang mengalami kerugian. Bahkan berkali-kali. Sebenarnya rumus supaya untung itu mudah.

Yaitu, pemasukan harus lebih besar daripada pengeluaran. namun dalam pelaksanaan tak semudah itu. Oleh karena itu seorang pengusaha yang ingin untung harus pandai memanfaatkan peluang dan selalu menghindari kemungkinan terjadinya kerugian. Selalu memantau setiap saat kondisi keuangannya. Seorang pengusaha yang bermental tahu akan beberapa hal yang menyebabkan kerugian.

Antara lain: -Terlalu percaya kepada rekanan bisnis sehingga boleh bayar belakang. Hal ini selalu dihindari karena berpotensi merugikan. -Terlalu mudah meminjamkan uang tanpa agunan apapun. Hal ini juga berpotensi memacetkan bisnis. -Barang yang dipesan tidak sesuai dengan uang panjar atau uang muka -Pengeluaran yang tak produktif cenderung mengurangi profit -Tidak mampu mengantisipasi adanya perampokan, pencurian, penipuan dan lain-lain yang berpotensi merugikan. -Tidak memperhitungkan pengeluaran tetap yang akan datang. Misalnya, biaya perpanjangan kontrak ruko atau tempat usaha -Dan sebab-sebab lainnya.

Seorang pengusaha sukses harus tahu berapa total modal yang dikeluarkan, berapa target keuntungan, berapa tahun harus kembali modal, berapa pemasukan perbulan, berapa keuntungan perbulan. Jika semua hal yang berhubungan dengan siklus keungan atau cash flow dicatat dengan bgaik di pembukuan yang baik, tentu segala kemungkinan datangnya kerugian bisa dicegah.

Prinsipnya sederhana saja, pemasukan harus lebih besar daripada pengeluaran.

Nah, semoga Anda sukses menjadi seorang pengusaha sukses.

Hariyanto Imadha

Iklan

Tentang demono2010

Alumni LPK De Mono Jakarta Angkatan XI
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s